kita memang berbeda

12:38 PM

Berawal dari nonton tipi - lalu browsing - share di twit - terakhir bikin artikel dimari. Pada awalnya aku cuma lihat acara tipi yang cuplikannya membahas perbedaan pria dan wanita. Lalu saya teringat akan banyak sekali teman-temanku yang curhat, dan temanya adalah kenapa pria/wanita tidak bisa dimengerti.

Kalau cewek: cowokku kok nggak pengertian, kok nggak peka sih?!!
Kalau cowok: ini sebenarnya maksud cewekku ini bagaimana ta aku nggak mudeng *dengan muka stres*.
akhirnya saya browsing lah mengenai perbedaan cewek dan cowok. Sebagai pengingat, disini sudah banyak artikel mengenai jeleknya cowok dimata cewek dan jeleknya cewek dimata cowok. maaf ya kalo aku copas dan mungkin udah pada mudeng.
Jadi, niat saya cuma share saja, ini tidak bermaksud untuk menyindir orang atau menuduh orang, semata-mata share pengetahuan saja yaaaaa.....oh ya..ini hasil browsing di internet, jadi bisa kok dicari artikel-artikelnya, aku cuma cuplik beberapa.

Pria dan wanita itu ditakdirkan berbeda secara alamiah, kalo kata artikel kita berevolusi :p .

PRIA
Pria itu dipengaruhi oleh hormon Testosteron (bisa baca buku biologi SMA), kata kerennya hormon maskulin. Hormon ini berefek beberapa hal yang terkadang sering membuat wanita merasa jengkel dibuatnya. Kromosom pria juga sangat mempengaruhi sikap dan kebiasaan mereka.

Pria itu cuma bisa melakukan satu hal dalam satu waktu, artinya dia nggak bisa MULTITASKING seperti perempuan.contohnya, ketika satu waktu pria sedang main game maka sangat wajar jika dia tidak mendengar suara telepon pacarnya, karena game telah menyita seluruh fokus otaknya, atau saat dia membaca koran dan mendengarkan radio itu artinya dia sedang tuli...nggak bakal denger kita bicara :))

Pria memiliki jaringan kulit yang lebih tebal dari wanita. Pria dapat membayangkan satu hal dalam bentuk 3dimensi diotaknya. Pria lebih suka berbicara TO THE POINT, yang ini karena pola diotak pria yang terkotak-kotak tiap topik. Pria lebih ketahuan memandang/melirik lawan jenis dari pada wanita, ini karena pola pandang pria itu cuma satu fokus, hanya 45derajat saja. Pria juga memiliki keunggulan dalam merasakan asin dan getir, maka dia lebih suka beer ketimbang perempuan.

Otak pria itu ternya tersekat-sekat, berkemampuan memilah dan menyimpan informasi dengan rapi. dan jika pria stress, kalo dia perokok maka langsung merokok kalau tidak dia bisa marah-marah atau malah diem.


WANITA
Kalau wanita....hormon yang mempengaruhi banyak sekali, salah satunya yang paling kuat adalah hormon Estrogen (nanti saya sebutkan hormon-hormonnya). Ingat kromosom perempuan juga mempengaruhi. Seperti biasanya, ini biasanya membuat pria kelimpungan untuk memahami wanita.

Wanita itu tidak bisa membaca peta (mayoritas...aku soalnya bisa baca peta). Wanita sangat ahli dalam hal Multitasking. contohnya: wanita bisa melakukan ini... nelpon sambil masak, nelpon sambil dandan dan mendengarkan radio, nelpon sambil dandan dan nyetir *hayooo ya kan?*

Wanita memiliki daya penciuman yang sangat tajam dibandingkan pria *ini penting untuk deteksi baju mana yang belum dicuci*, dan secara umum daya ingat wanita lebih kuat dibandingkan pria *wanita bisa ingat daftar belanjaan, list gosip artis, dan sekaligus curhat temen dalam satu waktu*. Wanita sering mengalami fluktuasi hormon dibanding pria, ini bisa berakibat tiba-tiba nangis atau marah tanpa perlu PMS. Wanita tak bisa melihat lampu pelumas di dasboard mobil tapi bisa melihat noda kotor di kaos kaki sejauh 10 meter. Otak wanita memiliki kemampuan super dalam mencermati areal spesifik, jadi jangan salahkan pria jika dia nggak bisa peka dengan perubahan anda yg spesifik.

Wanita lebih sering tersesat dari pada pria *ini saya banget*, karena pola otaknya yang sulit untuk memahami sign dan mengingat arah. dan karena wanita lebih sering menggunakan kedua sisi otak secara bersamaan maka dia lebih sering bingung membedakan kanan dan kiri. Wanita lebih ahli merasakan manis, ini sebabnya penggemar cokelat kebanyakan wanita. Wanita...jangkauan pandangnya itu 180derajat, jauh jika dibandingkan pria. Jadi kalo wanita ngelirik laki-laki lain nggak bakal mudah ketahuan, atau kita bisa mendeteksi cowok bening arah jam setengah tiga yang jaraknya 5meter :)) tanpa ketahuan kita meliriknya. Jarak pandang dan kemampuan mendeteksi hal-hal secara spesifik adalah perpaduan yang mematikan bukan?

Bukannya wanita memiliki kepekaan super, sebenarnya biasa saja, hanya saja sense pria yang cenderung tumpul *kodrat*. Dalam dunia wanita, mereka berharap pria peka dan bisa membaca sinyal bahasa tubuh, vokal dan verbal mereka. Secara diam-diam wanita berasumsi bahwa pria akan tahu apayang dia (wanita) inginkan atau butuhkan.

Jika otak pria tersekat, maka otak wanita itu kalo memikirkan masalah maka masalahnya akan terus saja berputar dikepala. Wanita terbiasa menggunakan perkataan tak langsung, Indirect speech adalah keahlian khusus para wanita. Wanita suka menggunakan kata "kayaknya" "sepertinya", dan ini biasanya tak bisa dimengerti pria yang hanya bisa menangkap ucapan to the point. *kalau mau perkataan kalian (wanita) dimengerti pria maka to the point saja, kalo pria mau dimengerti wanita cobalah menggunakan perkataan tak langsung*


nah...tambahan mengenai hormon yang ada pada wanita...yang mempengaruhi
  • Estrogen - senyawa kimia otak yang memberi efek senang
  • Progesteron - zat yang menenangkan otak
  • Testosteron - zat yang merangsang otak
  • Oksitosin - senyawa yang juga memberi efek senang
  • Kortisol - membuat peka secara fisik dan emosi
  • Vasopresin - yang membuat ingin berhubungan secara aktif seperti lelaki
  • Dhea - tempat menyimpan hormon dan memberi energi
  • Androstenedion - memasok keberanian atau semangat
  • Alopregnenolon - menenangkan dan bijak - menetralisir setiap stress


Kan, sangat biologi sekali kan...semuanya bisa dipecahkan secara ilmiah kan. Eh ya, bagi para wanita yang membaca ciri-ciri tadi dan merasa tidak seperti itu atau merasa memiliki kemampuan yang dimiliki pria, maka ada penjelasan medisnya :))

Ini seingat saya ya, bahwa kita terbentuk oleh kromosom X atay Y *maaf lupa mana yg buat pria dan mana yang buat wanita* singkatnya kromosom ini membawa sifat hormon Testosteron(lelaki) dan Estrogen(wanita), jika ternyata dalam tubuh kita ada kelebihan salah satu hormon ini maka tidak dipungkiri kita bisa memiliki kemampuan seperti lawan jenis kita. Contoh saja, pria bisa juga sensitif, bisa peka, bisa melihat detail, sedikit multitasking. atau wanita bisa membaca peta dan tidak tersesat, wanita juga bisa bongkar pasang komputer, sering bicara to the point.

dalam ilmu biologi banyak sekali kemungkinannya.

sekian dan terimakasih, maaf kalo panjang dan copas :))
*saya merasa banyakan info wanitanya dari pada prianya...ya semata belajar mengenali diri*

You Might Also Like

13 comments

  1. kita memang beda wis... dalam bentuk kata, bentuk dan tutur kata...

    ReplyDelete
  2. iya....
    beda banget ....sek ini bentuk gajah apa bentuk manusia??? :D

    ReplyDelete
  3. Aku tersindir dengan tulisan ini. Makasih....

    ReplyDelete
  4. iya betul sekali setuju saia..memang benar jika pria sudah asik dengan dunianya sendiri pasti yang lain dilupain..

    ReplyDelete
  5. justru karena ada perbedaan yang mendatangkan keindahan!!

    ReplyDelete
  6. @mhc walah kenapa musti tersindir sih?? wong nggak nyindir siapapun


    @tokoonline saya juga sering lupa kalo sudah di dunia saya ....eh

    @belajar bisnis, terkadang mendatangkan petaka bagi yang tak tahu arti perbedaan

    ReplyDelete
  7. CEWEK : 20% LOGIKA, 80% EMOSI
    COWOK : 80% LOGIKA , 20% EMOSI

    salam kenal dari Jakarta...

    ReplyDelete
  8. @ares itu kan teori lama.. wong sering saya temui banyak cewek lebih berlogika dari pada laki-laki.. jadi bagiku teori itu terbantahkan dengan genetik *ngeyel mode ON* :))

    ReplyDelete
  9. makasih sobat atas info yang sobat udah tulis di blog sobat...saya lagi sangat membutuhkan..salam kenal yach....goodluck.

    ReplyDelete
  10. perbedaan adalah suatu keharusan bagi setiap manusia,, hhe


    salam kenal

    ReplyDelete
  11. @fizer0 :D salam kenal juga :D


    @belly thanks

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Press