mengatur mood (nyoba doang)

12:27 PM

Selamat Siang!

Well, waktu bangun tidurku emang beda sama kebanyakan orang, aku paling gak bisa kao bangun pagi....bisa sih cuma kadang-kadang aja. Banyak yang ngomel masalah tidur ku...ah tapi biarlah.

Hari ini kita mau bahas apa ya...oh iya mengatur mood.
Sebenarnya aku udah tau ini cara dari lama, tapi baru hari ini aku praktekin. Kenapa? Karena akhir-akhir ini aku merasa mood aku berantakan banget, disusulah dengan insiden badanku yang berantakan *lho*. Katanya kalo pikiran dan perasaan kita itu mempengaruhi yang namanya kondisi badang. Yup! Aku mengalaminya, ketika mood berantakan atau drop banget maka sangat mudah buat aku terserang suatu penyakit yang sama sekali nggak ada keren2nya. Contoh ya, diare, flu, pegal, otot leher tegang, pusing..yah yang gitu-gitu sih *nggak ada penyakit yang keren juga menurutku*

Akhirnya aku niatkan, kalo seperti ini terus kerja nggak konsen malah ngeluh sakit mulu kan.
Malam hari adalah waktu yang paling tepat untuk melepas semua *baju juga kalo perlu* ...istilahnya meditasilah. Tapi aku cuma tahu dasarnya yang paling simple, tujuannya cuma biar santai dan cepet tidur. Aku kan capek nih cerita, jadi melakukan metode relaksasi sendiri.
Gerai rambut, kalo rambut di kuncir ternyata sangat mengganggu buat santai, jadi semalem aku gerai. Rebahan di matras tanpa bantal kecuali kalo dirasa leher butuh disangga dengan bantal kecil. Terlentang, yang jelas ini aku mencari posisi terlentang yang enak *emang ada ya*.
Next adalah mengatur nafas. Poin utamanya memang mengatur nafas, tapi sebelumnya kita niatkan untuk menyingkirkan masalah yang menggelayuti. >>kalo kemarin sih tiap helaan nafas awal untuk melepaskan masalah ...contoh satu helaan itu aku mikir satu masalah (disingkir2 pokoknya). Kalo semua sudah siap (kondisi santai) nah baru tahap selanjutnya.

Aturannya adalah kita menghitung dalam hati, aku sih menghitung maju, ada yang bilang menghitung mundur tapi itu suka-suka aja. 1. tarik nafas dalam, 2. keluarkan nafas pelan-pelan, 3. tarik nafas pelan dan dalam, 4. keluarkan nafas pelan begitu seterusnya. kalo masih belum bisa tidur maka stepnya adalah... 1-3. tarik nafas dalam dan pelan, 4-5. tahan nafas, 6-8. keluarkan nafas pelan, 9-11. tarik nafas dalam dan pelan .

Hasilnya biasanya kalo aku tidur :p karena udah latihan kaya gini sih.
sebenarnya latihan ini buat meredam emosi juga bisa... latihan nafas sangat berguna buat aku. paling ga bangun-bangun mood aku sangat bagus :D

kalian gimana kalau meredakan mood dan masalah yang biasanya tiap malem itu dateng ngapel?
mau coba caraku? biasanya awal-awal akan merasa nggak ada efeknya... jangan berharap efeknya cepet ya.. yang kaya gini ni emang lama efeknya. :) perlu banyak latihan dan niat.

You Might Also Like

0 comments

Powered by Blogger.

Press