Tips Bermain di Blogspot

10:00 AM

Buat yang masih awam sama blogspot atau mungkin belum tau beberapa fitur barunya. Kalo yang udah tau ya gak papa, terus baca aja.

Aku suka iseng sama blogspot ini, banyak hal yang ingin aku lakukan atau optimalkan dari blog ini. Ini beberapa yang biasa aku lakukan..mungkin bisa membantu.

POST,
Ketika melihat sebuah postingan di halaman utama, pernah gak melihat postingan yang panjangnya seperti ular naga? Makin ngeribetin pas buka blog tersebut ketika isinya ternyata gambar semua, kasihan badwit dan kuota internetnya. Nah, kalo aku lebih biasa memangkas semuanya. Dengan menggunakan tool 'insert jump break'


fitur ini bisa ditemui kalo pake opsi dasboard full atau draft dasboard *kusut mau nyelasin apa*. Pokoknya dengan ini bisa cut postingan, gak panjaaaaaaaaaaaaaang banget...ya kira-kira dua paragraf cukup.

LABEL
Bagi yang tidak mengerti ini buat apaan...sebenarnya aku juga gak begitu paham *sesat*. Ada yang mengatakan ini sebagai kata kunci pencarian di mesin pencari internet, jadi postingan kamu bisa kesearch gitu. Tapi kalo bagiku, dengan fitur ini kamu bisa mengorganisir postingan dengan label tertentu, karena posting selama 5 tahun kalo gak di organisir bisa panjang ceritanya.

Biasanya label ditaruh juga di sidebar (bagian samping kanan atau kiri postingan) bertuliskan Label, atau kalau mereka terlalu kreatif ya diganti sesukanya.

Mesin baru blogspot ini mengharuskan kamu teliti, dengan tidak melupakan untuk klik 'DONE' setelah menuliskan label. Label bisa lebih dari satu dengan memisahkannya menggunakan tanda koma (,).




SCEDULE POST
Merasa sangat akif nge-blog tapi khawatir postingannya gak bakal kebaca kalo dipost secara serempak? Manfaatkan sebaik-baiknya yang namanya Scedule Post. Letaknya ada di sebelah kanan, dibawah fitur label. Tinggal pilih saja 'set date and time' lalu tanggal post, jam post dan pastikan kamu benar memilih AM dan PM nya.

Serta satu lagi, coba cek ke setting post kamu ...apakah sudah diatur menggunakan waktu Indonesia atau belum? Biasanya akan kacau kalau kamu lupa mengaturnya.

Nah sekali lagi, kamu wajib klik DONE setelah selesai memilih waktu untuk posting. Kalau tidak dipilih bisa langsung ke post.

Kalau buat aku, fitur ini sangat membantu. Selain dapat mengatur banyaknya post kala kebanyakan ide yang mau ditulis juga dapat mengatur post pas banyak trafik :)) cuma sayangnya sering terlupakan...aku sering lupa klik atau mengatur scedule postnya :))

PREVIEW
Ini adalah fitur yang juga sering terlupakan namun sangat berguna. Letaknya tepat sejajar dengan tombol Publish. Dengan melihat preview, kamu bisa melihat bagaimana penampilan post yang sedang kamu buat ketika nanti publish. Aku sih biasanya akan mempertimbangkan tata letaknya. Fitur yang sangat berguna
ketika kamu sedang memakai banyak gambar dan ingin terlihat rapi....kaya post ini :))

STATUS VIEW
Nah, aku suka banget sama vitur yang ini. Dengan menatap lekat-lekat, kamu bisa mengetahui berapa banyak kunjungan ke blogmu tiap hari dan tiap minggunya. Bahkan bisa dilihat postingan mana yang paling banyak dibaca atau dicari, atau melalui kata kunci apa saja dan dari negara apa saja. Aku sih menikmatinya ketika melihat halaman ini. Serasa mendapat pengetahuan dari blog-ku sendiri.

THEME
Bagi kamu yang mungkin ingin mencoba theme seperti yang aku pakai, atau kamu lelah mencari yang cocok atau kamu pengen dikira pinter bisa coding dengan tampilan elegan dan simple *ini sih aku*.
Bisa pergi ke dasboard, akan ada opsi Template. Nah di sana tersedia kategori template gratis dari blogspot yang bisa kamu pilih. Kalau aku pakai Dynamic.

demikian tipsnya....
meski aku bukan ahli blog, tapi sangat berharap dapat membantu kamu lancar bereksplorasi di blogspot.
:)

You Might Also Like

5 comments

  1. Makasih informasinya, sangat berharga buat saya sebagai pemula di blogger.
    Anna @ sewa mobil jakarta

    ReplyDelete
  2. keren gan artikelnya, salam kenal ya gan
    Bang Jay Ngeblog

    ReplyDelete
  3. aku penggemar schedule post hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku penggemar jump post...itu yg motong biar tampilannya gak panjaaaaaaaaaaaaang :))

      Delete

Powered by Blogger.

Press