Istilah bahasa jawa

7:56 PM

Akhir-akhir ini kosa kata bahasa Indonesia saya mulai berkurang dan tergantikan oleh bahasa jawa. Sering kali itu malah mengundang tanya oleh teman-teman saya. Saya bukan ahli bahasa Jawa, hanya saja mungkin saya bisa beberkan beberapa kata bahasa Jawa (solo) yang terkadang sesama orang Jawa pun tidak tahu artinya.


*arti kata-kata ini hanya bagian yang terekam dalam otak berdaya tampung rendah ini selama saya hidup di lingkungan rumah saya*...mohon maaf mungkin ada kata yang artinya beda di tempat lain....
oke mulai! berikut kata-kata yang akhir-akhir ini muncul:



  1. NJINDET   -dari ngerumpi, tiba-tiba saya menulis ini. Seingat saya kata njindet ini bisa berarti Terjerat dan atau Kusut. Tergantung peletakan kata dan penambahan kata-
  2. MAKBEDUNDUK -ini kata favorit teman saya dari bekasi. Dia bisa ketawa terpingkal-pingkal jika mendengarnya, katanya lucu. Seingat saya, ini tidak ada di kamus, artinya lebih mendekati kata "TIBA-TIBA MUNCUL(untuk benda)" biasanya diucapkan dalam percakapan spontan-
  3. PATING PLETHOT -ini juga kata favorit teman saya dari bekasi, dia sangat hobi mengatakan kata ini. Seingat saya, kata ini merujuk pada hal yang tidak rapih. Dulu saya memakai kata ini ketika ada prakarta dengan malam atau tanah liat "hasile pating plethot!" artinya hasilnya tidak rapi. Biasanya digunakan untuk benda yang mudah dibentuk seperti malam, tanah liat, adonan roti. Kadang juga buat wajah *hmmm*-
  4. KESLOMOT -ini tiba-tiba muncul di FB teman, dengan penggunaan yang agak tidak lazim "Keslomot wajan panas" artinya terkena wajan panas. Pada dasarnya kata Keslomot ini menerangkan Terkena secara tidak sengaja benda panas (api).-
  5. CEMEKEL -ah ini saya utarakan ketika melihat body artis indonesia yang montok. Kalau ditempat saya kata cemekel ini lebih menerangkan badan/body. Dari kata dasar "CEKEL" yang artinya pegang, jadi Cemekel adalah Mantab untuk dipegang.-
  6. MAKJEGAGIK -ini sering jadi perdebatan, kata ini sama artinya dengan Makbedunduk namun kata tiba-tiba nya lebih menerangkan Manusia.-
  7. MBULAK SENTHE -menurut banyak orang dan setahu saya ini artinya adalah "SUATU TEMPAT YANG JAUH DARI PERADABAN". Jika dijabarkan dari kata-katanya, Mbulak = tempat/ lapangan/ kebun  Senthe = Tanaman yang agak langka ditemui sekarang ini (jujur saya tidak tahu persis bentuknya_kalo tidak salah seperti tanaman rumput atau umbi-umbian)
  8. OGLANGAN -ini katanya tidak semua orang tahu, oglangan artinya mati (dalam waktu berkala) biasanya dipakai untuk hal-hal yang harusnya menyala tapi kali ini mati dan sering terjadi berkala. Biasanya untuk menerangkan Listrik, jadi kalo disolo bilang Mati Lampu itu Oglangan. Terkadang juga digunakan untuk air PDAM-
  9. IPEL-IPEL -lah ini, saya dan teman saya sering menggunakan istilah ini untuk menerangkan tubuh orang yang tidak semok/montok namun padat berisi. Ini badan berisi yang tidak memberi kesan Seksi namun menyenangkan juga untuk dipegang. Maaf, biasanya postur tubuhnya juga tidak tinggi-tinggi banget dibawah 160cm-
  10. GINUK-GINUK -kata ini menerangkan postur tubuh yang gemuk, ndaging(berdaging). Namun bisa juga untuk benda, untuk benda menerangkan benda yang bulat, tembem, empuk dan besar. seperti bakpao-




Anyway, banyak banget sih istilah di tempatku ini....wakakakakakaka.....
tulisan ini sangat tidak meyakinkan ya...tapi percayalah artinya 95% mendekati benar.

nb: apa lagi ya? ini cuma spontan dapat 10 kata.... :D

You Might Also Like

13 comments

  1. tak tambahi mbak!
    KUNDURAN = ketabrak tapi dari arah belakang, misal ada mobil berjalan mundur dan nabrak sampeyan... hahaha
    siapa lagi mau nambah???

    ReplyDelete
  2. eh... lali... sing nduwe blog iki GERING PONGKRING... (lmao)

    ReplyDelete
  3. yang nomer tiga setahu saya..
    MAK PECOTHOT

    ReplyDelete
  4. @andimse walah mas.....bar kunduran ta?
    >>> sekalian saja cangik mas



    @anno iya, bisa pake kata itu juga

    ReplyDelete
  5. Jenengan dapat award dari saya di sini

    ReplyDelete
  6. owh....jadi ini yang kemaren.. -__-"


    udah banyak komen di sono ah.. :D

    ReplyDelete
  7. setu legi (setengah tuwo lemu ginuk-ginuk)

    *beberapa istilah dirampok jadi satu*

    ReplyDelete
  8. @hasssan ...iya mas...


    @abe, iya...sama... komen dimana aja silahkan


    @pojok , istilahe

    ReplyDelete
  9. hahahahaha sudah lama tidak mendengar kata2 itu, fiuhh sangat mengangeni pun kata2nya. Ingin serasa pulang segera dari Ibukota yang laknat ini

    ReplyDelete
  10. @maslie pulanglah naaaaaaaaaaaaaaak pulanglaaaaaaaaaaah...
    :D jangan salah, di sini juga sudah agak jarang ditemukan penggunaan bahasa jawa lho... :D

    ReplyDelete
  11. -ujugujug
    -eh wadalah
    -mak nyoss
    -suemok
    -sak liya liyane

    ReplyDelete
  12. jaman sekarang banyak anak muda yang ga tau akan gaulnya berbahasa jawa...hehe

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Press