tabib riuusa: kencur adalah kencur

2:31 PM

gambar dari sini
ketika sakit mungkin sesekali kita bisa mencoba obat tradisional
Berawal dari satu waktu di mana aku mengalami masa dropnya badanku. Padahal cuma kena masuk angin, tapi siapa bilang itu cuma masuk angin biasa, siapa bilang masuk angin itu cuma. Dulunya aku pikir itu juga cuma sih, sampai pada satu waktu badan nggak bisa diajak kompromi, rasa-rasanya berat semua, untuk nafas pun sulit padahal ini bukan flu. Terserang masuk angin dan bedrest :)) keren kan...



Obat-obatan sudah aku coba lho, minum obat cair itu juga udah. Dan tidak mempan, saya masih tepar.
Iseng-iseng aku browsing mencari obat atau cara mengatasi masuk angin. Sampailah pada banyak blog yang isinya cara tradisional mengatasi masuk angin. Banyak caranya, banyak variasinya juga. Tapi entah karena cara ini yang paling simpel maka aku coba deh dengan Kencur.

Kencur yang sebesar ibu jadi itu di kupas dan di cuci, lalu di makan (mentah... segera saat itu juga) bisa dengan lalapan berupa garam agar rasa kencurnya tidak terlalu mendominasi. 2x sehari.

Well, hasilnya..
Aku sebenarnya sama ragunya dengan kebanyakan teman yang aku ceritain ritual makan kencur ini sih. Bayangkan kencur atau Kaempferia galanga L yang imut dan baunya khas itu di makan mentah-mentah emang ada kencur kukus atau goreng?. Membayangkan rasanya saja sudah ngeri dan aneh saja makan Jenis Rimpang apapun mentah-mentah kayaknya bikin cemilan rimpang bisa itu. Sedang biasanya Kencur ini saya temui di Jamu tradisional, jamu beras kencur, rasanya lumayan manis meski ada pedesnya.
Namun pada akhirnya aku makan juga, atas pertimbangan dari pada aku sakit nggak sembuh-sembuh dan masuk angin adalah penyakit yang selalu datang.

Yeheee.. rasanya emang begitu menyentak, tapi pakai lalapan garam jadi asin :))
Efeknya lumayan sih, memang nggak langsung seketika aku sembuh namun stamina mulai bangkit lagi. Pelan-pelan sih sembuh masuk anginnya. Sampai sekarang masih di jalani makan kencurnya... ya waspada saja kalo kena masuk angin yang sering mendera.

Coba deh kamu makan kencur... coba dua hari, lihat efeknya. Pagi dan sore di makan.
Aku sih nggak njamin efek untuk semua sama, tapi kan sesekali boleh tuh kita nyoba obat tradisional. Nggak ada yang ngelarang kan :D


You Might Also Like

2 comments

  1. kak blogger bengawan tuh ngumpulnya dimana sih?

    ReplyDelete
  2. Kencur di parut, peras airnya trus dicampur madu juga bagus untuk obat batuk, rasanya pun lebih enak :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Press