Pilih blog Saja ah!

6:20 PM

Pertanyaan utamanya apakah anda tahu apa itu blog?
blog adalah........ *liat saya blog saya aja deh*
Mungkin setelah kamu melihat satu situs blog, kamu akan berfikir : "Ah aku juga pengen bikin seperti ini" atau "Idih apaan sih ni orang gak penting anget bikin beginian" atau "Weks narsis bener ni orang!". Yah, mungkin-mungkin saja sih pendapat itu.
Jika dirata-rata tingkat ketertarikan orang pada blog itu lebih rendah dari pada tingkat ketertarikan terhadap situs Jejaring Sosial. Saya ingat pernah ada seorang teman yang menyeletuk, "Kan blog itu sepi wis, nggak kaya FS atau FB yang ramai banyak teman."
Benarkah?


Itu tergantung mindset seseorang saja, bagaimana jika kamu berfikir begini sewaktu kamu pertama kali maen blog: "Aku pasti akan mendapatkan banyak teman Onlen yang berkualitas lewat blog!". Akan beda jadinya kan, dimana ada kemauan disitu ada jalan.

Memang saya akui jika situs jejaring sosial itu lebih mencandu jika dibandingkan dengan blog. Sebut saja Friendster yang melambungkan demam waktu saya SMA *duluuuu banget*, MySpace yang juga sempat booming *em ini cuma buat aku apa nggak ya?*, atau Facebook yang booming banget mengalahkan situs FS dan masih banyak situs sejenis. Di situs ini memang ada fasilitas profile yang menampilkan sisi profile, istilah saya kaya CV orang, jadi bisa mengira-ngira orang ini bagaimana. Dan yang jelas ada Update statusnya, game, upload foto, note dan lain sebagainya.
Situs diatas sangat booming ya, hebaaaaaaaat, siapa sih yang nggak suka terkenal disana? Memang ada banyak sensasi yang dirasakan lewat jejaring sosial itu.

weits.... kenalkah kamu dengan Microblogging? Sebenarnya mirip juga dengan jejaring sosial, namun lebih terfokus pada update status saja, sedangkan upload video atau foto hanya fitur sampingan. Saya sih hanya mengenal dua saja yang mencandu[bagi saya], yakni Plurk dan Twitter. Dengan hanya memberi kesempatan usernya mengupdate 140kata saja, artinya pendek banget kan. Dua situs ini cukup booming dengan kelebihan masing-masing yang berhasil memikat penghuni dunia maya *buset bahasaku sales banget*.

Tapi blog gimana?
Pertanyaan sebenarnya adalah Tertarikkah kamu dengan Blog?
Jawabannya relatif.
Balik lagi ke perbandingan jumlah teman yang akan didapat jika dibandingkan dengan jejaring sosial. Sebenarnya, jika kita mau browsing sedikit ke kantong ajaibnya mbah google, kita akan menemukan caranya lho. Salah satunya dengan ikut di Komunitas Blog, *ini menurut ingatan saya* ada banyak sekali komunitas Blog disetiap wilayah, kalo saya sih masuk ke komunitas bengawan.
Dengan ikut disana kita bisa mendapatkan teman juga.benerkan jika ada kemauan pasti ada jalan.

huft, teman banyak atau bagus nggaknya tulisan kita dinilai orang itu adalah Bonus dari keberanian kita masuk ke ranah blog.


nb: maaf tulisan ini agak mawut dan nggak ketahuan mana intinya

You Might Also Like

18 comments

  1. semoga saya termasuk teman online yang berkualitas.
    eh.. ini empunya blog dari solo ya.. sudah 12 tahun kutinggalkan kota kelahiranku itu

    ReplyDelete
  2. amin, semoga.
    Kualitas dan nggak kualitas itu berdasarkan sikap ya...*asal njeplak ki* :))


    walah, mari datang ke solo lagi dong

    ReplyDelete
  3. dari hasil diskusi saya yang mendalam dengan beberapa blogger mendapatkan kesimpulan bahwa jumlah blogger kalah dengan facebooker karena kalau ngeblog itu harus mikir dulu untuk membuat postingan sedangkan untuk untuk menulis status di facebook nggak usah mikirpun bisa. sedangkan kebanyakan orang malas mikir.
    hidup.. blogger

    ReplyDelete
  4. begitu ya.....emang nge-blog itu mikir, aku rasa bikin status juga mikir kok :)) *mekso*

    pokoknya hidup ngeblog!

    ReplyDelete
  5. aku sempet stuck blogging, sa...,,


    kalo ngga onok ide trus ngapain coba....?? T_T

    ReplyDelete
  6. aku tahu kamu stuck...tuh nggak ada updatean selama beberapa waktu hehehe :D

    nggak ada ide...ojo di share ndak meden2ni

    aku sih biasane kalo pengen nulis tapi nggak ada ide, maka aku akan menulis kejadian dalam beberapa hari dalam idupku yang berkesan sampai hari pas aku nulis.

    kelihatannya konyol, tapi siapa peduli, kadang malah membangkitkan mood nulis. kadang malah dapat ide baru.
    kalo mentok ya posting karya.... :))
    nggak jelas lah isi blogku....wakakaka...

    terkadang memulai menuliskan sesuatu yang menarik buat kita, kaya makanan, mainan, sinetron, game, bisa membuat kita menulis lebih panjang

    pokoke nek durung dicobo ojo ngomong ora iso nulis

    ReplyDelete
  7. yang jelas kalau ngeblog ntar bisa dapet teman nyata, kalau fb, belum pernah ketemu orang yang kenalan lewat fb LOL
    btw hallo Kang Endar, nyaru nang plurk yuk LMAO

    ReplyDelete
  8. banyak sekali yg membuat netter (ato malah yg orang yg ngga tau internet sekalipun) bisa berbetah-betah lama di jejaring sosial (macem fesbuk), mungkin itu dikarenakan adanya kemudahan dalam pemakaiannya, hanya dengan tinggal ini itu beres, ini itu beres (fitur2 yg mudah bagi pakai).

    untuk ukuran jumlah teman menurut saya itu bukanlah suatu perbadingan mendasar untuk kita mencari perbedaannya, kenapa? lha wong saya juga punya temen di fesbuk 1.500+ tapi untuk komunikasi secara kontinyunya hanyalah beberapa puluh (-100) saja, nah kalo gitu kan yg 1400nya kemana? berartikan kalo gitu bisa dikatakan *teman pajangan / angka saja*

    oh iya, seperti yg dikatakan om endar (mikir ta mikir) jangan salah, sekarang banyak kali alayer di dunia jejaring sosial yang bikin statusnya dari postingan2 blog lho (mungkin tapi) (lmao)

    hasssan: nyaru maneh (doh) sambil nyodorin flesdis (rofl)

    ReplyDelete
  9. Jujur, saya sendiri memakai FB hanya untuk bertemu kawan2 lama. Kebanyakan temen baru (ngerumpi, misalnya) seringnya twitter-an. Dan saya mengakui, memang twitter lebih asik! *komatkamitdoapengennokiae63* :))

    Blog? Saya udah addict nulis dan blogwalking! :))

    ReplyDelete
  10. @hasssan >>> :D biar aku ingat...aku pernah sih, tapi ya emang intensitasnya tinggi...emmm dia juga blogger jadi ujung-ujungnya ya blogger lagi yak :)) :)) :)) :))



    @addiehf >>> "jangan salah, sekarang banyak kali alayer di dunia jejaring sosial yang bikin statusnya dari postingan2 blog lho" ini maksudnya gimana ya? aku kok gak dong dong dong :D :D
    maknyak...ada lho[banyak malah] orang FB yang banyak-banyakan punya teman :D katanya semakin banyak semakin gawul :)) :))

    ReplyDelete
  11. @wahyuseptiarki kalo ngerumpi sendiri...emmm emmm emmm itu masuk web 2.0 kan??? agak mirip dengan blog juga ya... pemahaman web 2.0 ku dangkal, yang aku tahu kita ada account di web itu, bisa posting panjang dan respon yang cepat :)) *di keplak massal ki*

    sementara ini memang twitter mencandu ya :D sama

    ReplyDelete
  12. salam kenal riusa...
    kunjungan perdana nich...
    FB lo buat aq ma cman sekedar liat kondisi temen2
    twitter punya tp ga tau makenya
    BLOG gila banget dah hehhehehe
    dan lewat blog aq udah banyak punya temen berkualitas :) dari npersahabatan yang dibangun
    ijin follow sekalian ya
    salam kenal

    ReplyDelete
  13. wah mbak riwis jago banget ya blognya, salam kenal master

    ReplyDelete
  14. Saya juga pilih blog kok :D

    ReplyDelete
  15. bagi saya memepunyai blog bagagikan mempunyai stasiun TV sendiri,,, hehehe apa yang pingin kita sebarkan bisa,.,,

    ReplyDelete
  16. blog...baru kenal blog...tapi asikan ngeblog karna bisa ngomong se enak udelnya sendiri...punya rumah sendiri, mo ngomong baik, ngomong jorok, ngomong gag jelas...bebas.

    aturan lebih bebas dibanding social networking yang butuh kehati-hatian (kosakata yang aneh -__-" )


    hmh..sekarang jadi pecandu blog, sering nulis gag jelas, meracau gag jelas,,,tapi penulisnya jelas kok....jelas jelas abal abal.


    salam megar.
    *ngesotkevietnam

    ReplyDelete
  17. Ngeblog itu asyiknya bisa menulis apapun yang diimajinasikan, entah itu dari dunia nyata atau pun tidak. Dan di jejaring sosial seperti FB, asyiknya kalau hasil imajinasi itu diminati banyak teman hingga bisa menjadi sebuah buku... :D

    Beli ya bukunya di http://www.bookoopedia.com/daftar-buku/pid-29871/himpunan-puisi-padang-7-6-sr.html, judul : Himpunan Puisi "Padang 7,6 Skala Ricther" dan Antologi Puisi dan Cerpen "Kaum Khaul II".

    Hitung-hitung sekalian promosi untuk penggalangan buku dana kemanusiaan.. :D

    Terima kasih sudah diberi kesempatan untuk beriklan. Jangan lupa, tingkatkan ibadahmu mulai dari sekarang juga dengan mengkoleksi buku-buku tersebut... :P

    Salam hati nurani...

    ReplyDelete
  18. @daniel wahyu perbawa ,, salam kenal...yah tiap media itu ada fungsinya kan dan ada manfaatnya juga :D


    @mursid ,, ini apa maksudnya ya mas....tak uyel-uyel tenan koe =))


    @didut ,, oyeee

    @tim ,, ouw..istilah baru, punya tv sendiri *lagi mbayangin*

    @abe ,, salam megar selalu, ya, kehati-hatian *emang aneh itu* =)) walah, sama saya juga suka meracau kagak jelas gini

    @bibicriwis walah, mbaknya sudah punya buku *ngiri mode on* :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Press