Mata bintitan itu antara sakit dan malu

2:00 PM


Sudah pernah mengalami hal yang namanya bintitan? Mitos yang saya dengar itu karena (1) Ngintip orang (2) kena air kencing atau dilewati kecoa. Saran yang biasa saya dengar, "Makanya jangan ngintip orang mandi" atau "Kamar dibersihin biar tidak ada kecoa". Ini saran gak ada buat nuntasin bintitan malah bikin makin miris.

Beberapa hari yang lalu saya kena bintitan saudara sekalian *dunia harus tau ini*. Awalnya terasa gatal, garuk-garuk lalu kucek-kucek. Gatalnya sih beberapa hari (dua atau tiga), lalu pagi hari yang cerah dan indah di saat saya membuka mata… mengumpatlah saya sebisa mungkin. Rasa pertama yang menyambut saya adalah nyeri di mata. Itu bintitan!


Mata saya terasa sakit, nyeri seperti ditusuk-tusuk. Kemudian waktu ngaca, hehehehehe saya temui sebuah bengkak kecil imut hampir tak terlihat kecuali kalo sedang melirik ke bawah.

Itu hari paling menyebalkan, saat harus segera pergi kerja dan mata bengkak begitu rasanya memang kesal. Asal tau saja, saya tidak mengintip orang mandi sama sekali dan tidak ada kecoa di kamar (sudah di cek). Lalu kenapa ini bintitan muncul?

Gugling lah saya tentang asal muasal bintitan. Ternyata ini berasal dari debu atau kotoran yang masuk ke mata dan menyebabkan infeksi hingga terjadi pembekakan pada kelopak mata. Oke, clear kan bukan karena ngintip. Pasalnya jika bengkaknya makin membesar, biasanya akan ditanyain kenapa (padahal sudah jelas bintitan). Lalu tiba-tiba mendapatkan semacam label saya habis ngintipin kecoa mandi.

Tidak tahan dong. Kembali mencari bagaimana cara menyelamatkan mata agar bengkak tidak membesar dan segera sembuh ini bintitan. Rujukan yang saya dapat banya. Tapi… berhubung harus cepat dan minim peralatan jadi saya skip yang berhubungan dengan antibiotik atau salep.

Tersisa: BAWANG PUTIH
Bawang putih unyu
Yak saya mencobanya. Dengan menguatkan niat saya mencoba memakai bawang putih untuk mengatasi mata bintitan. Demi ….agar tidak malu dan sakit (saat itu rasa nyeri dan makin besar bengkak menghantui).

Cara:
  • Lakukan sebelum mandi
  • Kupas bawang putih satu siung besar
  • Cuci bawang putih untuk memastikan dia bersih
  • Iris memanjang jadi dua atau tiga bagian pipih
  • Tempelkan pada bagian mata yang bengkak
  • Tunggu hingga terasa perih, biasanya sekitar 25detik, lepas dan hayati rasa perihnya.
  • Jika sudah reda, ulangi menempelkan sisa irisan bawang putihnya
  • Jika sudah reda dan habis irisan bawang yang dipakai maka mandilah dan jangan lupa basuh mata


Ini cara paling menyiksa yang pernah saya coba. Saran saya lakukan di pagi hari sebelum mandi karena bau bawang putih dapat hilang dengan sabun. Jika bengkak sudah besar, lakukan kompres ini secara berkala, sehari 2 sampai 3 kali.

Saya kebetulan menerapkannya ketika bengkak masih cukup kecil. Saya hanya melakukan satu kali kompres. Dalam satu hari mata saya tidak sakit dan bengkak perlahan berangsur kempes. Butuh dua hari hingga kempes sendiri dan kembali sedia kala tanpa rasa gatal atau sakit.

Oke….
Selamat mencoba ya :)

You Might Also Like

0 comments

Powered by Blogger.

Press