Solusi memasang banner di theme Dynamic

1:30 PM

contoh banner yang akan ditampilkan
Theme gratis yang disediakan oleh Blogspot adalah Dynamic. Beberapa opsi tampilan juga ditawarkan agar pengguna dapat memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka. Saya termasuk yang menggunakan Theme ini setelah merasa bosan dan ingin memiliki tampilan blog baru.

Theme ini memang lebih menyenangkan dilihat dan gaya yang diangkat mirip desain situs-situs yang sedang populer akhir-akhir ini. Sidebar ditampilkan di samping dan hanya akan keluar jika krusor digeser kesamping. Secara keseluruhan tampilan ini nyaman, membaca dengan tampilan ini terasa menyenangkan.

Meski beberapa saat kemudian saya menemukan kekurangan dari theme ini. Tidak ada banner di sidebar. Baru-baru ini jadi sebuah masalah besar.

posisi sidebar tidak ada bannernya
Kekurangan lainnya adalah untuk load full masih membutuhkan waktu yang cukup lama apalagi jika koneksi internetnya tidak mendukung. Untuk melihat postingan, tampilan dynamic ini ...saya tidak tahu istilah teknisnya… dia menampilkan halaman post sementara halaman utama sebagai backgroundnya.

Well, kembali kemasalah banner. Saya sudah mencoba melihat dengan seksama pada dasboard. Biasanya menggunakan gadget HTML untuk menambahkan banner pada sidebar, tapi sekarang, banner itu tidak muncul di sana padahal sudah saya simpan.
tampilan dasboard dengan gadget html/javascript

sidebar tidak mucul gambar bannernya
Opsi pertama yang saya lakukan adalah membuat halaman Page baru pada bagian atas. Lalu memasukkan code banner yang diinginkan setelah mengubah jadi html view post. Untuk beberapa banner, saya rasa ini cukup menjadi solusi. Namun untuk beberapa jenis banner seperti banner lomba rasa ini masih jadi masalah. Tidak enak liat bolak balik kelembar Page kan.

Maka setelah dua hari berfikir, akhirnya menemukan solusi yang yah sampe saat ini berhasil menampilkan gambar banner pada sisi sidebar blog saya. Saya menggunakan gadget IMAGE untuk solusi saya.
Mungkin beberapa orang sudah terbiasa mengisi image di blog, tapi saya akan menampilkan tahap-tahapnya di sini.

Yang dilakukan pertama kali adalah membaca html banner yang akan dipakai. Anda harus tau dulu di manakah target banner terutama untuk lomba, biasanya akan mencantumkan url alamat lomba. Biasanya ada pada:
'< a target = " _ blank "  href = " http://riuusa.blogspot.com/ " >'
Sementara untuk gambar, Anda harus menemukan url atau link dengan akhiran .jpg. Copy - paste url gambar tersebut pada tab baru. Dan simpan Url target webnya.

Tahap selanjutnya buka Dasboard blogspot, pilih Layout kemudian pilih Add Gadget.
Dasboard blogspot, pilih add gadget
 Selanjutnya Anda memilih Image.
pilih gadget image
Isi kolom yang disediakan. Isi alamat target. Dan Anda dapat memilih mengunggah gambar dari komputer atau url yang disediakan pada code banner sebelumnya. Copy - paste Url/ link gambar. 
contoh pengisian

Sebagai contoh saya menggunakan gambar dari komputer saya. Lalu pilih simpan / Save.
contoh hasil

Selanjutnya pada halaman dasboard, Anda dapat mengatur tata letak gambar itu. Bisa ditaruh pada bagian paling atas atau bawah dengan menggeser. Setelah menemukan posisi yang tepat kemudian pilih, Save Arrangement.
hasil tampilan pada halaman blog

Viola, tampilan blog Anda kini pada sidebar sudah ada banner yang akan muncul jika krusor digeser.

Demikian cara saya menyelesaikan masalah banner pada theme Dynamic. Terimakasih :)

You Might Also Like

0 comments

Powered by Blogger.

Press